Mengganti Localhost dengan Domain Sendiri Pada Server Lokal

Pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengganti localhost/ di url dengan nama domain sesuai keinginan kita. Bosankan dengan memanggil perintah localhost/nama-project terus?? Ingin dong tinggal manggil www.nama-project.com agar lebih simple.
Nah, begini nih caranya:

1. Pastikan Anda sudah terinstall XAMPP sebagai server lokal.
2. Matikan terlebih dahulu apache dan mysql
3. Buka notepad, klik kanan, pilih Run as administrator
4. Buka folder c:/windows/system32/drivers/etc/ lalu pilih file hosts
5. Tambahkan IP dan DNS (127.0.0.1 www.domain-sendiri.com) pada baris terakhir
    lalu simpan dan tutup.
6. Buka folder "c:/xampp/apache/conf/" lau pilih file "httpd.conf", buka dengan notepad++ atau
    sesuai dengan text editor kesukaan.
7. Cari "ServerName" lalu tambahkan tulisan : ServerName www.domain-sendiri.com:80
    dibawah ServerName localhost:80
8. Buka file "index.php" pada lokasi "c:/xampp/htdocs/" lakukan pengeditan dengan notepad++
    atau text editor kesukaan
9. Cari tulisan : header('Location: '.$uri.'/XAMPP/'); lalu ganti "XAMPP" dengan folder yang
    anda inginkan. Tujuanya agar ketika mengakses url www.domain-sendiri.com akan diarahkan
    langsung menuju folder yang telah Anda pilih sebagai default website.
10. Buka browser. Lalu ketikkan alamat url Anda tadi. Contoh: www.wanitamuvira.com/nama-folder/

Bagaimana mudah bukan?? pada tulisan saya selanjutnya saya akan membahas tentang Virtual Host sebagai kelanjutan dari tutorial ini. Tunggu ya tulisan saya selanjutnya.. Dan semoga bermanfaat :)

0 komentar