Proposal Skripsi
PEMANFAATAN BUSSINESS INTELEGENT UNTUK MENGANALISIS
MENU FAVORITE DALAM MENINGKATKAN OMSET PADA RESTORAN PAYO
PROPOSAL SKRIPSI
Untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Seminar
dosen Bapak Eddy Prasetyo Nugroho, M.T
diajukan oleh:
Luthfia Fauzia Dewi Aryanti
0900372
PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
A. Judul
Pemanfaatan Bussiness Intelegent Untuk Menganalisis Menu Favorite Dalam
Meningkatkan Omset Pada Restoran Payo
B. Latar Belakang
Makan merupakan kebutuhan manusia yang tidak dapat dihilangkan. Oleh karena itu, banyak tempat makan atau restoran-restoran yang berlomba-lomba dalam menyediakan berbagai menu makanan dengan variasi harga yang berbeda-beda. Dengan banyaknya restoran di Indonesia, sudah pasti banyak pula data-data historis penjualan yang terdapat pada restoran tersebut. Data-data historis penjualan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menganalisis menu favorite di setiap restoran. Menu favorite yang berhasil ditemukan dari proses analisis tersebut dapat membantu restoran dalam meningkatkan omset penjualannya.
Bussiness Intelegent (BI) merupakan solusi yang tepat dalam melakukan proses
analisis untuk menjawab permasalahan tersebut. Bussiness Intelegent telah banyak digunakan oleh restoran-restoran besar dan ternama dalam mengolah dan menganalisis data dan informasi sampai dihasilkan menu makanan yang paling banyak di beli pelanggan untuk mengambil keputusan dalam menentukan menu favorite di restoran tersebut. Untuk mendapatkan menu favorite, restoran harus memiliki data-data penjualan yang banyak dengan menu yang beraneka ragam.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan dengan latar belakang, maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana melakukan analisis data penjualan di restoran tertentu
2. Mencari menu favorite pada restoran tersebut.
D. Batasan Masalah
Agar penelitian ini tidak melebar, maka masalah dalam penelitian ini akan dibatasi.
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Penelitian ini hanya untuk mencari menu favorite pada sebuah restoran.
Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Bagi peneliti
Dengan adanya penelitian ini, penulis mendapatkan pengetahuan tentang proses
analisis dalam mencari menu favorite dalam sebuah restoran.
2. Bagi restoran
Dengan adanya penelitian ini, restoran menjadi terbantu dalam mengetahui menu-menu yang sering di beli oleh customer sehingga menu tesebut dapat diperbanyak
jumlahnya dan menjadi menu rekomendasi untuk customer baru, sehingga omset
pendapatan pada restoran tersebut dapat meningkat.
F. Tujuan Penelitian
1. Memahami analisis data penjualan di restoran tertentu
2. Mendapatkan menu favorite pada restoran tersebut.
G. Hipotesis
Hipotesis yang digunakan dalam penilitian ini adalah “Menu Favorite Pada Restoran
Payo Adalah Sop Iga Jumbo”.
H. Tinjauan Pustaka
1. Pengertian Bussiness Intelegent
Business Intelligent (BI) merupakan sistem dan aplikasi yang berfungsi untuk mengubah data-data dalam suatu perusahaan atau organisasi (data operasional, data transaksional, atau data lainnya) ke dalam bentuk pengetahuan. Aplikasi ini melakukan analisis data-data di masa lampau, menganalisisnya dan kemudian menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendukung keputusan dan perencanaan organisasi.
Konsep Bussiness Inteligent disebut juga kecerdasan bisnis. Konsep ini merupakan penerapan dari konsep Artificial Intelligent pada company inteligent. Konsep ini merupakan salah satu yang wajib dilakukan oleh semua perusahaan multi nasional company untuk dapat mempertahankan penguasaannya atas perdagangan skala dunia ataupun skala negara. Suatu konsep yang wajib dipelajari oleh setiap pengusaha lokal Indonesia yang hendak bergerak menjadi perusahaan berskala nasional. Juga wajib bagi pengusaha nasional yang hendak mempertahankan market share menjelang AFTA.
2 Komponen - Komponen dalam Pemanfaatan Bussiness Intelegent
a. Datawarehouse
Datawarehouse merupakan tempat penyimpanan untuk ringkasan dari data historis yang diambil dari basis data - basis data yang tersebar di suatu organisasi. Tujuan utama dari pembuatan datawarehouse adalah untuk menyatukan data yang beragam ke dalam sebuah tempat penyimpanan dimana pengguna dapat dengan mudah menjalankan query (pencarian data), menghasilkan laporan, dan melakukan analisis. Salah satu keuntungan yang diperoleh dari keberadaan datawarehouse adalah dapat meningkatkan efektifitas pembuatan keputusan.
b. Datamining
Datamining adalah ekstraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang berada pada basis data yang besar yang selama ini tidak diketahui tetapi mempunyai potensi informasi yang bermanfaat. Datamining merupakan komponen penting dalam pemanfaatan Bussiness Intelegent dalam suatu perusahaan. Dalam melakukan analisis data, datamining menggunakan tools weka untuk mendapatkan informasi yang akurat.
b. OLAP (Online Analytical Processing)
OLAP digunakan untuk menganalisisis data dan informasi yang pada akhirnya akan menjadi dasar basis Decision Support System (DSS) dan Expert Infotmation System (EIS). Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan melalui OLAP antara lain seperti : melakukan query, meminta laporan yang ad hoc, mendukung analisis statistik, analisis interaktif, serta membangun aplikasi multimedia.
3 Faktor-faktor yang Mengakibatkan Kegagalan dalam Pemanfaatan Business Intelligence
a. Perencanaan yang kurang matang
Implementasi BI tidak mungkin konsistensi dukungan pimpinan terhadap proyek BI itu sendiri dan rendahnya kerjasama akan berhasil tanpa adanya perencanaan yang matang. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan rendahnya antarbagian dalam upaya mewujudkan BI.
b. Kualitas data yang tidak/kurang baik
BI tidak dapat diimplementasikan dengan baik pada kualitas data yang tidak/kurang baik. Data yang tidak/kurang baik akan menghasilkan informasi yang kurang baik dalam pengambilan keputusan.
I. Metode Penelitian
1. Tempat Dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan pada restoran “Payo” yang bertempat di Jl. Benteng Betawi No.1 – Taman Royal 3, Tangerang. Waktu pelaksanaan penelitian pada hari Senin-Sabtu tanggal 11-16 Juni 2012.
2. Tahapan Penelitian
Tahap pertama, melakukan Prepocessing (penghapusan) data yang tidak perlu.
Tahap kedua, memasukkan data ke MS.Excel dalam format Comma Separated Value (.csv).
Tahap ketiga, memproses data-data tersebut dengan menggunakan tools WEKA.
Tahap keempat, menemukan menu favorite pada restoran tersebut.
3. Sumber Data
Data-data penjualan secara keseluruhan diperoleh dari historis penjualan pada restoran “Payo”.
4. Penentuan Atribut
Atribut-atribut yang akan di proses adalah nama menu makanan/minuman, quantity, harga, dan total.
5. Penentuan Jumlah Sample
Dalam penelitian ini terdapat 20 menu makanan/minuman yang ada pada restoran Payo.
6 Hasil Analisis Data
a. Prepocessing data
Pada tahap prepocessing data, saya menggunakan algoritma naivebayes sehingga saya mendapatkan
akurasi data sebesar 84.7 %.
b. Klasifikasi data
Pada tahap klasifikasi, saya menggunakan algoritma naivebayes dengan kelas yang di pilih adalah menu
makanan/minuman sehingga di dapatkan hasil seperti gambar di bawah ini :
c. Clustering Data
Dalam mengclustering data ini, sayalgoritma FarthesFirst, sehingga dsebagai berikut:
- Cluster 0
Menu : Bebek bakar/goreng
Quantity : 1
Harga : 64.000
Total : 64.000
- Cluster 1
Menu : Tahu/tempe
Quantity : 6
Harga : 1.000
Total : 6.000
d. Menemukan Menu Favorite
Dari tahapan-tahapan yang telah di lakukan dari mulai tahap prepocessing data, klasifikasi data, dan cluster data , di dapatkan menu favorite pada restoran Payo adalah es pisang ijo.
Keterangan:
1. Sop iga jumbo
2. Nasi putih
3. Iga bakar jumbo
4. Kacang bawang
5. Bubur sumsum ijo
6. Es pisang ijo
7. Paket ayam negeri goreng/bakar
8. Ayam negeri goreng/bakar
9. Tahu/tempe
10. Soto ayam kampung
11. Sate ceker
12. Soto ayam negeri
13. Sayur asem
14. Paket ayam kampung
15. Sate ati ayam kampung
16. Soto bebek
17. Soto ati ayam kampong
18. Paket bebek bakar/goreng
19. Bebek bakar/goreng
20. Ayam kampong bakar/goreng.
J. Jadwal Kegiatan Penelitian
No Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Penyusunan proposal Minggu pertama bulan Juni sampai minggu keempat
bulan Juni
2 Pengujian proposal Minggu kesatu bulan Juli
3 Penyempurnaan proposal Minggu kedua bulan Julli sampai minggu
keempat bulan Agustus
4 Desain instrument dan perizinan Minggu kesatu bulan September sampai minggu
keempat bulan September
5 Pelaksanaan penelitian Minggu pertama bulan Oktober sampai minggu
keempat bulan Oktober
6 Pengolahan dan analisis data Minggu pertama bulan November sampai minggu
keempat bulan November
7 Penyusunan laporan Minggu pertama bulan Desember sampai minggu
ketiga bulan Desember
K. Daftar Pustaka
Tim Studi BPPM-RI, Impementasi Bussiness Intelegent, 2007
Business Intelligence, Presentation, PT KPEI, 2007
Rifai Noverino, Gupta Kharitz Attria, Bussiness Intelegent, ITB, Bandung, 2004
Untuk lebih lengkapnya, silahkan download proposal skripsi di bawah ini http://www.4shared.com/office/5bMpGiYW/proposal_luthfia.html
J. Jadwal Kegiatan Penelitian
No Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Penyusunan proposal Minggu pertama bulan Juni sampai minggu keempat
bulan Juni
2 Pengujian proposal Minggu kesatu bulan Juli
3 Penyempurnaan proposal Minggu kedua bulan Julli sampai minggu
keempat bulan Agustus
4 Desain instrument dan perizinan Minggu kesatu bulan September sampai minggu
keempat bulan September
5 Pelaksanaan penelitian Minggu pertama bulan Oktober sampai minggu
keempat bulan Oktober
6 Pengolahan dan analisis data Minggu pertama bulan November sampai minggu
keempat bulan November
7 Penyusunan laporan Minggu pertama bulan Desember sampai minggu
ketiga bulan Desember
K. Daftar Pustaka
Tim Studi BPPM-RI, Impementasi Bussiness Intelegent, 2007
Business Intelligence, Presentation, PT KPEI, 2007
Rifai Noverino, Gupta Kharitz Attria, Bussiness Intelegent, ITB, Bandung, 2004
Untuk lebih lengkapnya, silahkan download proposal skripsi di bawah ini http://www.4shared.com/office/5bMpGiYW/proposal_luthfia.html
0 komentar